Open top menu
Thursday, February 19, 2015

Yogyakarta dalam Kacamata Remaja

Yogyakarta, kota budaya nan indah yang ada di pesisir pantai selatan. Eloknya pemandangan dan tata kota didalamnya tak luput dari pesona budaya dan keramahtamahan penghuninya. Yogyakarta, negara di dalam negara kata Susilo Bambang Yudhoyono. Memang benar, menilik sejarahnya dahulu, kota yang tidak terlalu besar ini merupakan sebuah negeri yang makmur dan tenteram. Di dalamnya mengandung filosofi kejawen yang sangat erat. Kerajaan pecahan Mataram ini akan sangat dikenang budinya untuk Indonesia.

Bagaimana tidak? Kerajaan yang merdeka dan makmur, yang sampai Kompeni pun memberi hak untuk berdaulat menjadi Negara Kesultanan dan diiming-imingi beberapa emas dunia, mau-maunya masuk ke Republik Indonesia yang tercinta ini! Selalu mempunyai Raja yang bijaksana dan bergelar khalifatullah ing tanah Jawa, serta mengerti filosofi kejawen dan islam, sekali lagi, mau-maunya menjadi bagian Republik Indonesia yang tercinta ini! Kemudian jangan lupakan hutang Indonesia kepada Yogyakarta. Sebanyak 6 juta gulden disumbangkan untuk menopang berdirinya Republik Indonesia yang tercinta ini. Rajanya yang bijaksana kala itu, Sri Sultan Hamengkubuwono IX berkata, "Yogyakarta sudah tidak punya apa-apa lagi sekarang." Beliau mengatakan Yogyakarta, bukan mengatakan Saya, Kerajaan, atau Kraton. Begitu besarnya pengorbanan dan makna filosofi manunggal yang diterapkan oleh Pemimpin dan Rakyatnya.

Kita tilik lagi yang sekarang terlihat. Yogyakarta sudah berubah, bukan kearah yang positif, tapi berubah kearah yang negatif. Kebobrokan Ibu Kota ini mulai merambah ke tanahku Yogyakarta. Banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan sosial. Kota ini sudah tidak berpegang teguh dengan filosofi kejawen-nya lagi. Tawuran, narokoba, seks bebas, aborsi, klitih, dan ajang penegakan hedonisme mulai terlihat disetiap sudut kota ini.

Banyak terjadi tawuran, bukan hanya anak SMA, bahkan anak SMP pun mengikuti ajang kebodohan ini. Memang jarang terlihat, karena memang tidak dikoar-koarkan, Alhamdulillah. Yang paling terbaru adalah saling nglitih, ini dilakukan antar geng-geng di kota ini. Tawuran berbasis gerilya yang dilakukan dengan bangga dan sok keren. Padahal? Sangat menyedihkan. Taktik gerilya diciptakan untuk melawan penjajah atau orang yang menyalahi peri kemanusiaan. Bukan, malah dipakai untuk menyalahi aturan peri kemanusiaan. Setelah ditilik lebih lanjut, pembesar geng-geng yang melakukan aksi nglitih ini bukanlah anak Yogya. Rerata adalah anak Jawa Timur atau Luar Jawa. Sementara anggotanya, tentu anak Yogya yang diiming-imingi kekerenan anak TK. Sungguh parah.

Kemudian, kota ini pun dijadikan ajang penegakan hedonisme. Tata kota yang asri dan penuh filosofi, disulap menjadi pusat perbelanjaan atau pasar modern. Pembangunan Mall-Mall sebagai sarang hedonisme mulai banyak berkembang. Yang terakhir di Jalan Magelang. Mall baru yang merusak filosofi kejawen yang asri dan lestari. Maka, banyak masyarakat tanah ini yang menyuarakan, "JOGJA ORA DI DOL!" (JOGJA Tidak Dijual!). Sungguh luar biasa masyarakat tanah ini.

Perubahan ini terjadi bukan karena kejelekan Raja, Abdi, atau Masyarakatnya. Akan tetapi ini disebabkan oleh pemerintahannya yang tidak bisa memegang dan mengerti arti nilai-nilai filosofi kota indah ini. Semoga ini menjadi renungan kita bersama dan kedepannya, bukan hanya Yogyakarta, namun Republik Indonesiaa kita yang tercinta ini dapat maju menjadi yang lebih baik.
Akmal Rahman
Written by Kang Sutet

Biology is Simple, Hidup di dunia hanya satu kali buatlah menjadi kesenangan. Banyaklah zakat, karena zakat mempertahankan harta, dan juga banyaklah sedekah, karena sedekah melipat-gandakan harta.

5 comments:

  1. walau saya baru sekali saja ke kota Yogyakarta, namun kenangan di kota ini tak pernah saya lupakan

    ReplyDelete
  2. Apapun yang kan terjadi KAU TETAP JOGJAKARTA ku.....

    ReplyDelete
  3. Kini hadir Permainan baru di Pianopoker.net??????
    Bandar66
    Bandar66 merupakan game terbaru yang paling diminati saat ini , buruan login dan rasakan permainan baru yang fantastis yaitu Bandar66 hanya di Pianopoker.net

    Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Mudah Hanya Di Pianopoker.net
    Real Website, Real Player Vs Player, Real Winner
    Buktikan Sekarang Juga Bersana kami hanya di PianoPoker

    Raih Bonus Extra Jumbo :
    - Bonus Extra Jumbo Rollingan ( dibagikan setiap 5 hari sekali )
    - Bonus Refferal Seumur Hidup

    CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
    Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
    Kartu Bagus (Easy To Winn)
    Support 5 Bank Local :
    - BCA
    - MANDIRI
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON

    Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20Rb
    Jangan Mikir Lagi Bos !!
    Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
    Jangan Sia-Siakan Kesempatan Yang Ada bos !!
    Ingat Bahwa Kemenangan Bergantung Kepada Pilihan Anda.
    Jangan Sampai Salah Pilih Situs , Untuk Jadi Jutawan Pianopoker.net Solusimya !!

    Link : PianoPoker.Net

    Join Sekarang Juga !! Kami Tunggu Kehadirannya Para Calon Jutawan

    ReplyDelete